Dosen : Ainol Mardiah
I-KOMUNIKASI
- Pengertian
Komunikasi merupakan interaksi, proses simbolik yang
menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan antar
manusia melalui pertukaran informasi, menguatkan sikap dan perilaku orang lain
dan berusaha mengubah sikap dan perilaku orang lain tersebut.
Pengertian komunikasi oleh beberapa ilmuan
1.
Weaver, 1949
komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran
seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lain.
2.
Hovland, Jenis dan Kelley 1953
komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang
(komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya berupa kata-kata) dengan tujuan
mengubah dan membentuk perilaku orang lain.
3.
Ruesch, 1957
komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu
bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.
4.
Gode, 1959
komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari
yang semula dimiliki oleh seseorang menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.
5.
Lasswell, 1960
komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan
siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau
hasil apa?
(who? Says what? In which channel? To whom? With what
effect?)
6.
Berelson dan stainer, 1964
komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi,
gagasan, emosi, keahlian dll melalui symbol-simbol seperti kata-kata,
gambar-gambar, angka-angka dll.
7.
Barnlund, 1964
komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan
untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan
atau memperkuat ego.
- Prinsip komunakasi
1.
komunikasi hanya bisa
terjadi apabila terdapat pertukaran
pengalaman yang sama antar pihak-pihak yang terlibat dalam proses kumunikasi
tersebut.
2.
apabila terjadi tumpang tindih
menyebar dan menutupi dua lingkaran, sehingga terbentuk satu lingkaran yang
sama maka besar kemungkinan terjadi proses komunikasi yang efekti karena tingginya
tingkat kesamaan antara komunikan dan komunikator.
3.
apabila terjadi tumpang tindih
yang mengecil dan menjauhi kedua lingkaran maka komnikasi yang terjadi sangat
terbatas.
- Komponen/Unsur-unsur Komunikasi
1.
komunikator/penyampai pesan/sumber/source
yaitu pihak yang berperan sebagai sumber informasi baik perorangan maupun lembaga atau
organisasi. Syarat menjadi komunilkator yang baik :
·
mengenal diri sendiri
·
kepercayaan
·
daya tarik
·
kekuatan
Ada 4 faktor utama
didalam diri sumber yang dapat menetukan efektifitas komunikasi
1.
Sikap sumber
Sikap merupakan pernyataan psikologis dalam diri
seseorang terhadap sesuatu obyek, dapat berupa predeposisi, kecenderungan, ataupun
harapan
2.
Pengetahuan Sumber
Pengetahuan sumber merupakan aspek kognitif dari sumber
pesan yang banyak kaitanya dengan kemampuan berpikir.
3.
Keterampilan Sumber
Sumber pesan yang terampil berkomunikasi akan mampu
mengkomunikasikan pesannya kepada penerima dengan cara dan gaya penyampain yang
sesuai dengan penerima.
4.
Kredibilitas Sumber
Kredibilitas sumber pesan dapat diartikan sebagai
tingkatan sejauh mana sumber pesan dapat dipercaya oleh penerima pesan.
2.
pesan (kode verbal & nonverbal)
isi yang dikomunikasikan antara
pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi yang disampaikan secara
verbal maupun nonverbal baik secara langsung atau pun tidak langsung dan
menggunakan paralinguistic yang tepat.
Dalam memberikan pesan dalam proses
komunikasi kita tidak bisa melepaskan diri dari apa yang disebut symbol dan
kode karena pesan terdiri dari atas rangkaian symbol dan kode.
·
Symbol adalah lambing
memiliki suatu objek.
·
Kode adalah
seperangkat symbol yang telah disusun secara sistmatis dan teratur sehingga memiliki
arti.
·
Kode verbal
Dalam pemakaiannya menggunakan bahasa. Bahasa adalah
seperangkat kata yang telah disusun secara berstruktur sehigga mnjadi himpunan
kalimat yang mengandung arti.
·
Kode nonverbal
Kode nonverbal biasa disebut bahasa isyarat atau bahasa
diam (silent language). Kode nonverbal bisa dibagi menjadi beberapa bentuk :
a.
kinetic (gerak badan) g. artifak & visualisasi
b.
gerakan mata h. warna
c.
sentuhan i. waktu
d.
diam j. bunyi
e.
postur tubuh k. bau
f.
kedekatan & ruang
Penyusunan pesan yang bersifat informative yaitu lebih menekankan
pada perluasan wawasan dan kesadaran khalayak.
Penyusunan pesan yang bersifat persuasive memiliki tujuan untuk
mengubah persepsi, sikap dan pendapat khalayak.
3.
saluran/media/channel
tempat pesan yang disampaikan sehingga bisa diterima dan
dimaknai oleh komunikan. Dalam hal ini media dapat digolongkan menjadi :
·
media antarpribadi
·
media kelompok
·
media public
·
media masa
4.
komunikan/penerima pesan/receiver
sasaran dari kominikasi bisa berupa individu, kelompok
atau masyarakat.
Aspek yang harus diketahui oleh komunikator menyengkut
penerima :
·
aspek sosiodemografi
·
aspek profil psikologis
·
aspek perilaku
khalayak/penerima
5.
tujuan/destination/effect
hasil yang merupakan tujuan dari peserta-peserta dalam
proses komunikasi.
Semua peristiwa komunikasi yang dilakukan secara
terencana dan mempunyai tujuan yakni memengeruhi khalayak atau penerima pesan. Pengaruh adalah
salah satu elemen yang paling penting untuk mengetahui berhasil tidaknya
komunikasi yang kita inginkan. Pengaruh bisa terjadi dalam bentuk perubahan
pengetahuan, sikap dan perilaku.
6.
umpan balik/feedback
tanggapan komunikan atas pesan yang disampaikan kepada
komunikator
7.
gangguan/noisi
gangguan yang terjadi pada saat proses komunikasi
berlangsung dapat mengakibatkan pesan yang disampaikan kepada komunikan berbeda
makna dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator.
Gangguan-gangguan pada komunikasi :
·
gangguan teknis
·
gangguan sistematis dan
psikologis
·
rintangan fisik
·
rintangan status
·
rintangan kerangka berfikir
·
rintangan budaya
- Tipe/Bentuk Komunikasi
1.
intrapersonal communication
(komunikasi dengan diri sendiri)
2.
interpersonal communication
(komunikasi antar pribadi/antar individu)
3.
public communication (
komunikasi formal & terencana ex dosen-mahasiswa)
4.
mass communication ( komunikasi
yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada
khalayak umum yang sifatnya massal melalui
alat-alat yang mekanis.
- Fungsi Komunikasi
1.
komunikasi dengan sendiri
berfungsi untuk :
a.
mengembangkan kreativitas imajinasi
b.
memahami dan mengendalikan diri
c.
serta meningkatkan kematangan
berfikir sebelum mengambil keputusan.
2.
kuminikasi antar pribadi
berfungsi untuk :
a.
berusaha meningkatkan hubungan insani
b.
menghindari dan mengatasi
konflik-konflik pribadi
c.
mengurangi ketidakpastiaan
sesuatu dan
d.
berbagi pengalaman dan
pengetahuan dengan orang lain.
3.
komunikasi public berfungsi
untuk :
a.
nenumbuhkan semangat kebersamaan
(solidaritas),
b.
memengaruhi orang lain
c.
memberi informasi, mendidik dan
menghibur.
Komunikasi
sebagai ilmu yang multi disiplin
Komunikasi memiliki falsafah bahwa kehidupan manusia
sesungguhnya ditentukan oleh 3 unsur yaitu : unsure biologis, unsure fisik dan
unsure sosial. Dengan
unsure biologis dimaksudkan bahwa manusia untuk mempertahankan hidupnya diatas
bumi ini memerlukan makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Selain unsure
biologis, manusia juga memerlukan udara, air dan tanah (fisik) serta kerjasama
dengan manusia lain untuk mencapai tujuan hidupnya (sosial).
- Faktor yang mendorong manusia melakukan komunikasi
1.
kebutuhan untuk mempertahankan
kelangsungan hidup
2.
kebutuhan untuk beradaptasi
dengan linkungan
3.
hasrat manusia untuk mengontrol
lingkungan agar dapat mengetahui peluang-peluang yang bermanfaat untuk
memelihara, melestarikan dan menjaga kerusakan alam.
4.
untuk melakukan transformasi
warisan sosial kepada generasi berikutnya.
- Efek komunikasi
1.
kognisi : penambahan wawasan
dan pengetahuan
2.
afeksi : sikap
3.
psikomotorik : perubahan
perilaku
- Dimensi & Prespektif Ilmu Komunikasi
1.
komunikasi sebagai proses ialah suatu kegiatan yang berlangsung secara tidak statis.
2.
komuikasi sebagai simbolik dinyatakan dalam bentuk lisan maupun melalui isyarat-isyarat
tertentu, symbol yang membawa pernyataan & di beri makna oleh penerima.
3.
komunikasi
sebagai system ialah suatu aktivitas dimana
semua komponen atau unsure pendukung saling berineraksi satu sama lain dalam
menghasilkan luaran atau dengan kata lain seperangkat komponen yang saling
bergantung satu sama lain.
4.
komunikasi sebagai transaksional ialah komunikasi yang boleh dikatakan tidak perna terjadi tanpa
melibatkan orang lain. Oleh karena itu, dalam proses yang demikian akan timbul
aksi & interaksi diantara para pelaku komunikasi.
5.
komunikasi sebagai multi-dimensional ialah dua tingkatan komunikasi yaitu dimensi isi (cth : berita di
Tv) dan dimensi hubungan (cth : Tv yang menyalurkan berita)
I enjoyed your post. It’s a lot like college – we should absorb everything we can but ultimately you need to take what you’ve learned and apply it.
BalasHapus2007 Jeep Liberty AC Compressor