Minggu, 18 Maret 2012

pengantar ilmu komunikasi

Dosen : Ainol Mardiah

I-KOMUNIKASI

  1. Pengertian
Komunikasi merupakan interaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan antar manusia melalui pertukaran informasi, menguatkan sikap dan perilaku orang lain dan berusaha mengubah sikap dan perilaku orang lain tersebut.

Pengertian komunikasi oleh beberapa ilmuan
1.      Weaver, 1949
komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lain.
2.      Hovland, Jenis dan Kelley 1953
komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya berupa kata-kata) dengan tujuan mengubah dan membentuk perilaku orang lain.
3.      Ruesch, 1957
komunikasi adalah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.
4.      Gode, 1959
komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.
5.      Lasswell, 1960
komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa?
(who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)

6.      Berelson dan stainer, 1964
komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dll melalui symbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dll.
7.      Barnlund, 1964
komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.

  1. Prinsip komunakasi
1.      komunikasi hanya bisa terjadi  apabila terdapat pertukaran pengalaman yang sama antar pihak-pihak yang terlibat dalam proses kumunikasi tersebut.
2.      apabila terjadi tumpang tindih menyebar dan menutupi dua lingkaran, sehingga terbentuk satu lingkaran yang sama maka besar kemungkinan terjadi proses komunikasi yang efekti karena tingginya tingkat kesamaan antara komunikan dan komunikator.
3.      apabila terjadi tumpang tindih yang mengecil dan menjauhi kedua lingkaran maka komnikasi yang terjadi sangat terbatas.

  1. Komponen/Unsur-unsur Komunikasi
1.      komunikator/penyampai pesan/sumber/source
yaitu pihak yang berperan sebagai sumber  informasi baik perorangan maupun lembaga atau organisasi. Syarat menjadi komunilkator yang baik :
·         mengenal diri sendiri
·         kepercayaan
·         daya tarik
·         kekuatan




Ada 4 faktor utama didalam diri sumber yang dapat menetukan efektifitas komunikasi
1.      Sikap sumber
Sikap merupakan pernyataan psikologis dalam diri seseorang terhadap sesuatu obyek, dapat berupa predeposisi, kecenderungan, ataupun harapan
2.      Pengetahuan Sumber
Pengetahuan sumber merupakan aspek kognitif dari sumber pesan yang banyak kaitanya dengan kemampuan berpikir.
3.      Keterampilan Sumber
Sumber pesan yang terampil berkomunikasi akan mampu mengkomunikasikan pesannya kepada penerima dengan cara dan gaya penyampain yang sesuai dengan penerima.
4.      Kredibilitas Sumber
Kredibilitas sumber pesan dapat diartikan sebagai tingkatan sejauh mana sumber pesan dapat dipercaya oleh penerima pesan.

2.      pesan (kode verbal & nonverbal)
isi yang dikomunikasikan antara pihak-pihak yang terlibat dalam proses komunikasi yang disampaikan secara verbal maupun nonverbal baik secara langsung atau pun tidak langsung dan menggunakan paralinguistic yang tepat.
Dalam memberikan pesan dalam proses komunikasi kita tidak bisa melepaskan diri dari apa yang disebut symbol dan kode karena pesan terdiri dari atas rangkaian symbol dan kode.
·         Symbol adalah lambing memiliki suatu objek.
·         Kode adalah seperangkat symbol yang telah disusun secara sistmatis dan teratur sehingga memiliki arti.
·         Kode verbal
Dalam pemakaiannya menggunakan bahasa. Bahasa adalah seperangkat kata yang telah disusun secara berstruktur sehigga mnjadi himpunan kalimat yang mengandung arti.
·         Kode nonverbal
Kode nonverbal biasa disebut bahasa isyarat atau bahasa diam (silent language). Kode nonverbal bisa dibagi menjadi beberapa bentuk :
a.       kinetic (gerak badan)                    g.   artifak & visualisasi                
b.      gerakan mata                                 h.   warna                                     
c.       sentuhan                                        i.    waktu
d.      diam                                              j.    bunyi
e.       postur tubuh                                  k.   bau
f.       kedekatan & ruang
Penyusunan pesan yang bersifat informative yaitu lebih menekankan pada perluasan wawasan dan kesadaran khalayak.
Penyusunan pesan yang bersifat persuasive memiliki tujuan untuk mengubah persepsi, sikap dan pendapat khalayak.
3.      saluran/media/channel
tempat pesan yang disampaikan sehingga bisa diterima dan dimaknai oleh komunikan. Dalam hal ini media dapat digolongkan menjadi :
·         media antarpribadi
·         media kelompok
·         media public
·         media masa
4.      komunikan/penerima pesan/receiver
sasaran dari kominikasi bisa berupa individu, kelompok atau masyarakat.
Aspek yang harus diketahui oleh komunikator menyengkut penerima :
·         aspek sosiodemografi
·         aspek profil psikologis
·         aspek perilaku khalayak/penerima
5.      tujuan/destination/effect
hasil yang merupakan tujuan dari peserta-peserta dalam proses  komunikasi.
Semua peristiwa komunikasi yang dilakukan secara terencana dan mempunyai tujuan yakni memengeruhi  khalayak atau penerima pesan. Pengaruh adalah salah satu elemen yang paling penting untuk mengetahui berhasil tidaknya komunikasi yang kita inginkan. Pengaruh bisa terjadi dalam bentuk perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku.
6.      umpan balik/feedback
tanggapan komunikan atas pesan yang disampaikan kepada komunikator
7.      gangguan/noisi
gangguan yang terjadi pada saat proses komunikasi berlangsung dapat mengakibatkan pesan yang disampaikan kepada komunikan berbeda makna dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator.
Gangguan-gangguan pada komunikasi :
·         gangguan teknis
·         gangguan sistematis dan psikologis
·         rintangan fisik
·         rintangan status
·         rintangan kerangka berfikir
·         rintangan budaya


  1. Tipe/Bentuk Komunikasi
1.      intrapersonal communication (komunikasi dengan diri sendiri)
2.      interpersonal communication (komunikasi antar pribadi/antar individu)
3.      public communication ( komunikasi formal & terencana ex dosen-mahasiswa)
4.      mass communication ( komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak umum yang sifatnya massal melalui  alat-alat yang mekanis.

  1. Fungsi Komunikasi
1.      komunikasi dengan sendiri berfungsi untuk :
a.        mengembangkan kreativitas imajinasi
b.       memahami dan mengendalikan diri
c.       serta meningkatkan kematangan berfikir sebelum mengambil keputusan.
2.      kuminikasi antar pribadi berfungsi untuk :
a.                                                                                berusaha meningkatkan hubungan insani
b.                                                                              menghindari dan mengatasi konflik-konflik pribadi
c.                                                                               mengurangi ketidakpastiaan sesuatu dan
d.                                                                              berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain.
3.      komunikasi public berfungsi untuk  :
a.       nenumbuhkan semangat kebersamaan (solidaritas),
b.      memengaruhi orang lain
c.       memberi informasi, mendidik dan menghibur.

Komunikasi sebagai ilmu yang multi disiplin
Komunikasi memiliki falsafah bahwa kehidupan manusia sesungguhnya ditentukan oleh 3 unsur yaitu : unsure biologis, unsure fisik dan unsure sosial. Dengan unsure biologis dimaksudkan bahwa manusia untuk mempertahankan hidupnya diatas bumi ini memerlukan makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Selain unsure biologis, manusia juga memerlukan udara, air dan tanah (fisik) serta kerjasama dengan manusia lain untuk mencapai tujuan hidupnya (sosial).

  1. Faktor yang mendorong manusia melakukan komunikasi
1.      kebutuhan untuk mempertahankan kelangsungan hidup
2.      kebutuhan untuk beradaptasi dengan linkungan
3.      hasrat manusia untuk mengontrol lingkungan agar dapat mengetahui peluang-peluang yang bermanfaat untuk memelihara, melestarikan dan menjaga kerusakan alam.
4.      untuk melakukan transformasi warisan sosial kepada generasi berikutnya.

  1. Efek komunikasi
1.      kognisi : penambahan wawasan dan pengetahuan
2.      afeksi : sikap
3.      psikomotorik : perubahan perilaku

  1. Dimensi & Prespektif Ilmu Komunikasi
1.      komunikasi sebagai proses ialah suatu kegiatan yang berlangsung secara tidak statis.
2.      komuikasi sebagai simbolik dinyatakan dalam bentuk lisan maupun melalui isyarat-isyarat tertentu, symbol yang membawa pernyataan & di beri makna oleh penerima.
3.      komunikasi  sebagai system ialah suatu aktivitas dimana semua komponen atau unsure pendukung saling berineraksi satu sama lain dalam menghasilkan luaran atau dengan kata lain seperangkat komponen yang saling bergantung satu sama lain.
4.      komunikasi sebagai transaksional ialah komunikasi yang boleh dikatakan tidak perna terjadi tanpa melibatkan orang lain. Oleh karena itu, dalam proses yang demikian akan timbul aksi & interaksi diantara para pelaku komunikasi.
5.      komunikasi sebagai multi-dimensional ialah dua tingkatan komunikasi yaitu dimensi isi (cth : berita di Tv) dan dimensi hubungan (cth : Tv yang menyalurkan berita)






1 komentar:

  1. I enjoyed your post. It’s a lot like college – we should absorb everything we can but ultimately you need to take what you’ve learned and apply it.
    2007 Jeep Liberty AC Compressor

    BalasHapus